Pengertian Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa Latin, dari asal kata manus yang berarti tangan dan agere yang berarti melakukan. Kedua kata tersebutdigabung menjadi sebuah kata kerja manage yang artinya menangani. Managere diterjemahkan dalam bahasa Inggrisdengan bentuk kata kerja to manage, dan kata bendanya adalah management, danmanageradalah orang yang melakukan kegiatan management. Dengandemikian, manajemen mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1) adanya tujuan yang ingin dicapai, (2) tujuan dapat dicapai dengan menggunakan kegiatan orang lain, dan (3) kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.
Manajemen bermakna adanya maksud untuk mencapai tujuan tertentu dari kelompok atau organisasi yang bersangkutan. Sedangkan untuk mencapainya suatu perencanaan yang baik, pelaksanaan yang konsisten dan pengendalian yang berkesinambungan, dengan maksud agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan efisien dan efektif.Efisien dapat dikatakan suatu kondisi atau keadaan, dimana penyelesaian suatu pekerjaan dilaksanakan dengan benar dan dengan
penuh kemampuanyang dimiliki.Sedangkan efektivitas adalah suatu kondisi atau keadaan dimana dalam memilih tujuan yang hendak dicapai menggunakansarana ataupun peralatanyang tepat, disertai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.
Berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut terminologis yang dikemukakan para pakar manajemen, diantaranya:
Tabel 2.1PengertianManajemen
No. | Pengertian Manajemen | Pendapat |
1. | Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (The art of getting things done through people) | Follet dalam Steers, Ungson, Mowday (1985) |
2. | Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang- orang serta sumber daya organisasi lainnya | Nickles, Mc. Hugh and Mc. Hugh(1997) |
3. | Management is as the process of planning, organizing, directing, and controlling the activities of employee in combination with other organizational resources to accomplish stated organizational goals. | Steers, Ungson, Mowday (1985) |
4. | Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan | Erni & Kurniawan (2005) |
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, manajemen dimaknai sebagai sebuah proses merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading), dan mengawasi (controlling)usaha anggota-anggota organisasi agar tercapai tujuan organisasi serta penggunaan seluruh sumber daya organisasi efektif dan efisien. Proses manajemen akan terjadi apabila seseorang melibatkan orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena fakta menunjukkan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi, manajer tidak dapat melakukan sendiri tugas tersebut tanpa bantuan orang lain atau pegawai.
Proses di atas, menunjukkan bahwa pada manajemen atau pengelolaan terlihat upaya atau kegiatan seseorang, untuk mengelola/mengatur/menata terhadap sumber daya manusiadan sumber daya lainnya, sehinggamencapai suatu tujuan yang diharapkan. Manajemen juga mempunyai pengertian sebagai suatu proses bagaimana seseorang dapat memberdayakan berbagai sumberdaya agar lebih efektif dan efisien. Definisi-definisi tersebut menggambarkan bahwa manajemen merupakan seni penyelesaian dalam mencapai suatu tujuan dimana di dalamnya terdapat proses yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memimpin dan mengarahkan (leading/directing/actuating), dan pengawasan (controlling) dengan memberdayakan semaksimal mungkin seluruh sumber daya yang ada.
Manajer merupakan seorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaandan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Wahjosumidjo (2001) mendefinisikankan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan usaha-anggota-anggota organisasi serta pendayagunaan seluruh sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen adalah seni, dan ilmu perencanaan dan pengorganisasian, penyusunan pegawai, pemberian perintah,dan pengawasan terhadap manusiaand natural resources terutama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebihdahulu.
Dengan demikian, manajemen disimpulkan sebagai sistem yang diterapkan jika terdapat kerjasama, pimpinan dan yang dipimpin, manajer dan sistem yang dikelola. Seorang manajer atau pemimpin adalah orang yang mampu menggerakkan bawahannya untukmencapai keuntungan yang sebesar-besarnya,
tanpa merugikan bawahannya. Seorang manajer atau pemimpin juga adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan- alasannya.
Social Plugin