Cara Melakukan Uji Kualitas Data (Validitas & Reliabilitas) dengan SPSS

Bacaan Selanjutnya ...
Uji kualitas data adalah uji yang disyaratkan dalam penelitian dengan instrument kuesioner, tujuannya agar data yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Uji ini terdiri atas uji validitas dan reliabilitas. 
Uji Validitas berkaitan dengan keandalan kuesioner tersebut yang mana sebuah kuesioner diharapkan mampu mengukur konstruk, atau variabel sesuai dengan indikator yang disusun, jika ternyata variabel/konstruk tersebut tidak dapat diukur maka kuesioner/pernyataan kuesioner tersebut tidak valid.
Uji Reliabilitas terkait dengan tingkat stabilitas kuesioner, artinya kuesioner yang disusun mampu memberikan jawaban yang sama dari waktu kewaktu apabila diajukan kembali ke responden yang sama. Kuesioner yang apabila memberikan jawaban yang berubah-ubah dengan sampel yang sama maka akan dianggap tidak reliable.
Dalam postingan kali ini saya akan membagikan cara menguji kualitas dari data yang dihasilkan melalui kuesioner. Caranya pertama seperti biasa setting variabel.
Setting Variabel
Dalam seting variabel disini saya menggunakan kuesioner Etika Penyusunan Laporan Keuangan  (EPLP) dengan 12 buah pernyataan dengan skala likert (ada juga yang bilang Interval). Type data Numeric, labelnya terdiri atas empat kelompok yaitu Misstatement, Responsibility, Cost and Benefit dan Disclosure. Kemuadian agar memberikan output yang enak dilihat perlu diseting value label setiap pernyataan dengan 1 = sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral/ragu, 4 = setuju, dan 5 = sangat setuju.
Baca: Cara Membuat Value Label pada Variabel
Setelah seelesai setting variabel langkah selanjutnya input data caranya ketik aja satu-satu apapun yang diisi responden dalam kuesioner anda, dengan pertimbangan logis tentunya. Dalam kasus saya hasilnya seperti ini:
Input Data
Setelah selesai melakukan input data dengan baik dan benar maka saat kita mengolah data, uji kualitas data yang pertama yang dapat dilakukan sejauh ini adalah uji reliabilitasnya dulu. Cara nya Klik Menu ANALIZE lalu pilih Scale kemudian klik Reliability Analysis maka akan muncul Kotak Dialog Reliability Analysis, disini masukkan seluruh butir pernyataan tanpa kecuali dan di Model pilih Alpha seperti screenshot dibawah ini.
Langkah I -Uji Reliabitas
Kemudian klik Statistic lalu akan muncul kotak dialog statistic, disini pada Descroptives for centang Scale if item deleted, Anova Table pilih None, lalu Continue.
Langkah II - Reliabilitas
Setelah itu kita akan kembali ke kotak dialog Reliability Analysis dan tinggal klik OK, lalu keluarlah hasil uji reliabilitas kita pada kali ini yaitu sebagai berikut:
Output Reliabilitas I
Adapun kriteria uji reliabilitas dalam penelitian itu.
  • Jika alpha > 0.90 maka reliabilitas sempurna
  • Jika alpha diantara 0.70 – 0.90 maka reliabilitas tinggi
  • Jika alpha diantara 0.50 – 0.70 maka reliabilitas moderat
  • Jika alpha < 0.50 maka reliabilitas rendah.
Dari output reliabilitas diatas kita sudah dapat melihat hasil uji reliabilias yaitu pada tabel Reliability Statistic, kolom Cronbach's Alpha yang diperoleh adalah 0,739 cukup reliabel menurut pendapat Nunally (1986).
Untuk hasil lebih detailnya mengenai reliabilitas per item bisa dlihat dioutput ini:
Output Reliabilitas II
Dari tabel Item-Total Statistics kita dapat lihat nilai Cronbach's Alpha masing-masing item pernyataan, dan seperti yang dapat kita saksikan bersama selurun nilai Cronbach's Alpha berada diatas 0,6 jadi seluruhnya reliable.

Setelah selesai dengan uji Reliabilitas saatnya kita melakukan uji Validitas, untuk menguji validitas pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengkompute variabel. Tujuan melakukan Compute Variable ini agar kita mendapatkan nilai total dari pernyataan yang ada. Hal ini dikarenakan secara teknis untuk mengukur valid tidaknya kuesioner harus dilakukan korelasi dengan nilai totalnya. Adapun cara melakukan Compute Variabel adalah Klik Menu TRANSFORM lalu klik Compute Variables seperti ini:
Menu Compute Variabel
Setelah meng-klik disitu maka akan muncul kotak dialog compute variables, nah disini ditarget variabel isi saja Total (target variabel tidak mengenal spasi) lalu di kolom Numeric Expressionsnya tambahkan semua EPLP1 ...+ EPLP12 dengan memanfaatkan tombol kalkulator yang ada atau ketik manual juga boleh. Penampakannya sperti screenshot dibawah.
Kotak Dialog Compute Variables
Langkah selanjutnya tinggal klik OK dan jadilah dia variabel total dari seluruh pernyataan kuesioner dan siap untuk selanjutnya dilakukan uji validitas. Langkah melakukan uji validitas adalah pertama Klik Menu ANALIZE lalu pilih Correlate lalu klik Bivariate, seperti ini:
Langkah 1 Validitas
Setelah itu akan muncul kotak dialog Bivariate Correlations, disini masukkan seluruh data butir penyataan kuesioner berserta nilai total yang sudah dikompute tadi kedalam kotak Variables dengan cara memblok sekaligus seluruh data butir pernyataan beserta nilai totalnya lalu klik tanda panah disamping kotak tersebut, maka jadilah ia seperti ini:
Langkah 2 Validitas
Setelah sampai disini tinggal klik OK (tidak perlu mengatur lain, ikuti pengaturan bawaan aja) dan keluarlah otput uji validitas kita seperti berikut:
Hasil Output Validitas
Dari outpus diatas dapat terlihat bahwa seluruh butir penyataan memperoleh nilai sig. diatas 0,05 sehingga dinyatakan valid seluruhnya. Jika tidak mampak diklik gambarnya biar gede, nanti akan nampak pada kolom total untuk setiap penyataan memiliki pearson Correlation yang berbintang ** namun untuk teman-teman yang belum puas bisa liat postingan saya lalu.
Baca: Cara Membaca Out Validitas dengan R Product Moment dan Tingkat Signikansi
Baca: Masalah Validitas dan Cara Mengatasinya 
Akhir kata semoga bermanfaat:)