Cara Mengolah Data Sekunder (data angka) melalui Regresi Linear Berganda dengan SPSS

Bacaan Selanjutnya ...
Dalam posting kali ini saya ingin membagikan cara melakukan regresi linear berganda untuk data yang bersumber dari pihak ketiga alias sekunder. Posting ini saya buat karena saya melihat banyak teman-teman yang bertanya-tanya akan hal ini. Jadi numpung saya punya waktu sengang yang lumanyan banyak saya coba share.
Teknis pengolahan data dalam posting saya kali ini masih menggunakan analisis regresi linear berganda. Artinya masih regres-regres juga, sebelum kita mulai ritual regres data, ada baiknya saya jelasin dikit mengenai data yang bakalan digunakan.
Kebetulan data yang digunakan berjenis data sekunder, karena datanya sekunder berbeda dengan data primer, data primer langsung dari sumbernya seperti kuesioner dan masih perlu dilakukan uji valid dan reliabelnya kemudian di-compute biar dapat nilai variabelnya.
Baca: Mengolah Data Kuesioner dengan IBM SPSS
Sedangkan data sekunder yang diperlukan hanya coding data sesuai dengan rumus dan lain sebagainya sesuai dengan teori variabel yang dmaksud. Nah, setelah data selasai di-coding maka langkah selanjutnya adalah input data, Caranya Ketik aja di Variabel View seperti dibawah ini (tentunya sesuai penelitian n data masing masing):
Setting Variabel
Dalam jendela Dataset 1 seperti biasa kita akan disuguhkan pemandangan berbagai fitur yang perlu kita pahami dengan baik minimal pengetahuan dasarnya saja, dan disini saya ingin sedikit menjelaskan tentang fitur-fitur tersebut yaitu:

  • Name = Nama Variabel (disimbolkan dengan kode X atau Y)
  • Type  = Tipe data (Silahkan dipilih tipe data yang cocok)
  • Width = Lebar kolom (Terkait dengan banyaknya karakter yang dapat disi di Data View)
  • Decimal = Jumlah Desimal dibelakang Data yang dimasukkan
  • Label =  Label Variabel (Penting untuk menandai dan agar output SPSS lebih mudah dibaca)
  • Value = Nilai (Disini di buat None karena semua value yang masuk digunakan)
  • Mising = Nilai Mising (Buat none juga karena kita tidak berencana melakukan eksperimen)
  • Coloums = Jumlah kolom (Ini juga terkait dengan jumlah karakter yang dapat masuk ke Data View
  • Align  = Perataan teks ( Terserah mau pilih apa)
  • Measure = Pengukuran (Skala, ordinal apa interval)
  • Role = Peran dalam input data (fitur baru)
Setelah variabel selasai diseting, maka langkah selanjtnya adalah melakukan input data. input data bisa dilakukan dengan ketik di ms-word or excel kemudian copy paste ke SPSS atau saran saya ketik langsung di SPSS (Lebih aman ketik lansung aja, kan sama capeknya dan menghindari ada data yang tidak terbaca di SPSS jika dengan cara Copy Paste). Setelah data di-input maka akan  Data View akan terlihat seperti ini:
Input Data
Setelah data Berhasil di-input dengan baik dan benar, maka ritual regres pun dimulai. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pada menu utama Klik ANALIZE kemudian REGRESSIONS lalu pilih LINIER seperti screnshoot dibawah ini:
Langkah Pertama
Mka akan muncul kotak dialog Linier Regressionnya, Nah disini prosesnya dimulai dengan memasukkan variabel Y ke Kotak dependent ( contoh disini Kinerja Keuangan) dengan cara klik variabel kinerja keuangan kemudian klik tanda panah disamping kotak dependent, kemudian  seluruh variabel X-nya dimasukkan ke kolom independent (contoh disini Size, Kemakmuran, Laverage dan Intergovermental) cara masuinnya sama kex tadi cmn tanda panah yang disamping kotak indepndent yg di klik. hasilnya seperti screenshot dibawah ini:
Langkah Kedua
Sampai disini teman-teman jika Klik OK sudah keluar hasil regresi namun yang namanya regresi tidak lepas dari yang namanya Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Multikolinieritas, Heterokedastitas dan khusus untuk data sekunder yang lebih dari satu peride juga ada uji Autokoreasi). Nah, biar sekalian kita bisa liat lolos tidaknya model regresi kita dari uji-uji itu maka langkah selanjutnya adalah Klik Opsi STATISTICS maka akan muncul kotak dialog seperti ini:
Langkah Keempat
Dikolom Regressions Coeficient centang Estimate, dikolom utama centang Model Fit, Descriptive dan Colinearity Diagnostics. Kemudian di kolom Residual centang Durbin-Watson lalu Klik Continue. Setelah itu pilih opsi PLOTS untuk melihat bentuk diagram plotnya dan akan muncul kotak dialog seperti ini:
Langkah Kelima
Disini masukkan nilai value *Z-PRED ke kotak Y dengan cara klik di *Z-PRED dan klik tanda panah dekat kotak Y lalu klik *S-RESID ke kotak X lalu Continue. Sebagai tambahan, untuk melihat normalitas residual dengan uji kolmogorov-smirnov maka perlu dilakukan langkah berikut: Klik opsi SAVE maka akan muncul kotak dialog seperti ini:
Langkah Keenam
Disini cukup centang Unstandarized Residual,,kenapa harus itu karena satu aja cukup untuk parameter normalitasnya. lalu kilk Continue! Setelah semua langkah tadi selesai maka akan muncul jendela Linier Regessions kembali seperti ini:
Langkah Ketujuh
Nah Langkah terakhir untuk mengakhiri ritual ini adalah klik OK! apapun hasilnya itu hasil penelitian. Adapun outputnya teman-teman dapat lihat disini berserta cara bacanya.
Baca: Cara Baca Output Regresi Linear Berganda Data Sekunder
Semoga bermanfaat,,