Cara Membuat Value Label pada Variabel dengan Program IBM SPSS v 21

Bacaan Selanjutnya ...
Cara membuat value label dalam SPSS itu yang pertama pada jendela data untitled-nya SPSS kita klik variabel view,, jangan data view dulu,,kita mesti set dulu variabelnya sekalian kita atur valuenya. Misalkan kita ingin  membuat value untuk kriteria Jenis Kelamin, maka terdapat dua kategori kalo bukan laki-laki ya perempuan. Maka pertama-tama tulis aja di variabel namenya Jenis_Kelamin seperti dibawah ini:
Membuat Value Label
 lalu enter. kemudian di kolom Labelnya buat Jenis Kelamin (akan muncul di output tanpa under score) yang lain ikuti bawaan aja..hasilnya seperti ini..
Setting Variabel - Value Labels
ok,,skarang cara buat value labelnya, masih pada jendela yang sama,,pada kolom VALUES yang isinya ada kata (none) klik agak kesudut dikit akan muncul kotak dialog seperti ini:
Langkah 1
Pada kotak dialog ini ada baris value sama baris label, kemudian dibawahnya ada kotak besar putih untuk nampung value yang kita buat, disampingnya ada option add, change dan remove. lalu dibawahnya lagi ada option OK, cancel dan Help
Langkah pertama..pada baris value ketik angka 1 dan pada labelnya ketik Laki-Laki (artinya laki-laki kita simbolkan dengan angka satu)
Langkah 2
Lalu, klik Ad dan hasilnya seperti ini:
Langkah 3
setelah itu,,ulangi langkah yang sama dengan mengetik 2 pada baris value dan perempuan pada baris label (artinya angka dua kita simbolkan untuk perempuan) seperti ini:
Langkah 4
lalu klik Add lagi dan hasilnya seperti ini:
Langkah 5
setelah itu, saatnya kita melihat hasil pada variabel  view dulu yang akan nampak sperti ini:
Hasil Value Label
kemudian, selanjutnya klik data view karena kita bakalan mulai input data..pada data view di variabel Jenis_kelamin coba ketik angka satu (1) seperti ini:
Testing 1
lalu enter maka dengan sendirinya angka satu tadi akan berubah menjadi kata "Laki Laki"  kemudian coba ketik angka dua (2) dibawahnya seperti ini:
Testing 2
lalu tekan enter dikeyboard dan hasilnya adalah seperti ini..:
Hasil Testing
sampai disini kita sudah sukses menyisipkan value label pada variabel pada program SPSS untuk kriteria jenis kelamin. Untuk jawaban responden yang biasanya dibuat 1 untuk sangat tidak setuju, 2 untuk tidak setuju, 3 untuk netral/ragu-ragu, 4 untuk setuju dan 5 untuk sangat setuju maka caranya tidak jauh beda. Caranya pada jendela Value Labels ketik seperti ini:
Value Label untuk Jawaban Responden
Lalu Add, setelah semua value masuk kekotak putih Klik OK. Maka hasilnya seperti ini:
Jalan Pintas dianggap Pantas
Kemudian agar mudah klik aja dibaris Values udah kita buat tadi Tekan Ctrl + C (Copy) lalu Drag and Drop (Block) semua baris values pada semua item pernyataan (Q1 s/d Q22) lalu Tekan Ctrl +V (Paste). Hasilnya seperti ini:
Hasilnya
Nah disini kita sudah berhasil membuat value labelnya tanpa ribet buat satu-satu per butir pernyataan. Kalo dilihat di Data view nya tampilannya sudah seperti ini:
Penampakan Data 
Kalo teman-teman ingin data yang tertampil berbentuk angka cari aja ikon Value Labels di Kanan Atas yang saya beri kotak hitam seperti ini:
Memanfaatkan Ikon Value Label
Klik aja ikon itu maka tampilannya berubah menjadi seperti ini:
Hasil Pemanfaatan
Selanjutnya proses olah data sudah dapat dilakukan dengan output maksimal.
Baca Juga: Mengolah Data Kuesioner dengan IBM SPSS v. 21
Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat :)