MENYUSUN TABEL SEBARAN F

Bacaan Selanjutnya ...
MENYUSUN TABEL SEBARAN F
Tabel sebaran F yang akan disusun berdasarkan dua buah derajat bebas (v1 dan v2) dengan peluang atau taraf nyata a = 0,05.
1.   Pada sel A1 tulislah DB (maksudnya Derajat Bebas).
2.   Pada sel B1 sampai F1 ketikan angka 1 sampai 5 yang menyatakan besarnya derajat bebas kedua (v1).
3.   Pada sel A2 sampai A6 ketikan angka 1 sampai 5 yang menyatakan besarnya derajat bebas pertama (v2).
4.   Taruh kursor pada sel B2, klik tombol [Insert function] maka akan muncul jendela [Insert function].
5.   Pada pilihan [Or select a category] pilih kategori [Statistical], dan pada pilihan [Select a function :] pilih [FINV]. Klik [OK], maka muncul kotak dialog [Function Arguments].
6.   Pada jendela [Function Arguments], isikan 0,05 pada kotak [Probability].

Klik kotak merah kecil di sebelah kanan kotak [Deg_freedom1], klik sel B1 untuk memasukan nilai 1 pada sel B1 sebagai derajat bebas pertama, lalu tutup kembali jendela [Function Arguments].
Klik kotak merah kecil di sebelah kanan kotak [Deg_freedom2], klik sel A2 untuk memasukan nilai 1 pada sel A2 sebagai derajat bebas kedua, lalu tutup kembali jendela [Function Arguments].
7.   Klik [OK]. Anda bisa menyusun nilai-nilai F yang lain sesuai dengan alamat sel derajat bebas v1 dan v2, sehingga terbentuk Tabel F seperti contoh gambar dibawah ini.

8.  Tabel di atas menggunakan probabilitas sebesar 0,05, apabila diinginkan tabel dengan probabilitas sebesar 0,01 maka pada jendela [Function Arguments], isikan 0,01 pada kotak [Probability].
Tags