Ciri-Ciri Beras Plastik Yang Diduga Beredar di Indonesia

Bacaan Selanjutnya ...
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sepertinya terus mengalami peningkatan yang cukup pesat melalui berbagai macam penemuan. Namun sangat memprihatinkan apabila hasil daya pikir manusia ini ternyata bisa mencelakakan umat manusia. Salah satu hal yang saat ini sedang gencar dibicarakan adalah beredarnya produk makanan pokok yaitu beras plastik.
Bahkan beras plastik tersebut juga mulai beredar di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya sangat meresahkan penduduk, terutama penduduk yang konsumsi berasnya dilakukan dengan membeli beras di toko. 
Informasi dari Liputan6.com melaporkan bahwa Dewi Septiani (29), pedagang nasi uduk dan bubur ayam di Ruko GT Grande, Blok F 19 Nomor 37, RT 01/RW 23, Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, menemukan dugaan adanya beras plastik atau sintesis.

Dilansir dari International Business Times:
China allegedly makes fake rice, reported The Korea Times, a reputable English-language newspaper in Korea on January 20, 2011.The original source is a report obtained by Singapore media, said The Korea Times. Allegedly, some Chinese companies produce fake rice by mixing in plastic. This fake rice is then massively sold on the Chinese market. Fake rice sold in Taiyuan, Shaanxi is made from a mixture of potatoes, sweet potatoes, and plastic, according to the report (source: http://www.ibtimes.com/china-makes-fake-rice-plastic-report-263027).


China diduga membuat beras palsu, dilaporkan The Korea Times, koran berbahasa Inggris terkemuka di Korea pada tanggal 20 Januari 2011.Sumber aslinya adalah laporan yang diperoleh media Singapura, kata The Korea Times.Diduga, beberapa perusahaan China memproduksi beras palsu dengan mencampur dalam plastik.Beras palsu ini kemudian secara besar-besaran dijual di pasar Cina.Beras palsu yang dijual di Taiyuan, Shaanxi terbuat dari campuran kentang, ubi jalar, dan plastik, menurut laporan tersebut (terjemahan versi google translate)


Sebagai langkah antisipasi, saya mencoba menghimpun informasi dari berbagai media sehingga bagi anda yang sudah membeli beras kira-kira dua minggu yang lalu dan yang belum membeli beras, agar dapat memperhatikan ciri-ciri beras plastik.


Ciri-ciri Beras Plastik :
1.  Rasanya tawar sekali

2.  Butiran beras yang diduga plastik berwarna bening sementara beras asli berwarna bening bercampur putih susu.

3. Jika beras plastik dimasak untuk dijadikan bubur nasi, tidak hancur-hancur menjadi bubur. Padahal jika memasak beras asli dengan durasi waktu dan ukuran air yang sama, akan hancur menjadi bubur.
Semoga saja, pemerintah dapat segera menanggapi masalah ini, sehingga tidak berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat..
Semoga bermanfaat….

Sumber :
1.Liputan6.com(http://news.liputan6.com/read/2235098/perbedaan-beras-plastik-sebelum-dan-sesudah-dimasak)

2.IBT(http://www.ibtimes.com/china-makes-fake-rice-plastic-report-263027)

Tags