Cara Mengolah Data untuk Variabel Intervening (Path Analysis) dengan SPSS v 21 berserta Cara Baca Outputnya

Bacaan Selanjutnya ...
Kadang dalam membuat karya ilmiah (skripsi) banyak teman-teman yang sudah kehabisan ide jika memaksakan mengunakan variabel independen dan dependen saja. Sehingga terpaksa harus menggunakan alternatif jenis variabel lain seperti variabel moderating, intervening dan kawan-kawannya. 
Variabel intervening  berbeda daripada variabel moderating, kalo moderating mempengaruh hubungan antara variabel independen dan dependen secara langsung. Sedangkan variabel intervening mempengaruhi variabel independen dan depeden secara tidak langsung alias sebagai mediator saja.
Baca: Mengolah Data Variabel Moderating
Disini saya tidak perlu menjelaskan secara detil masalah variabel ini karena saya yakin semua itu sudah ada dalam proposal anda. Perlu diingat saya membuat posting turtorial ini berdasarkan pengalaman, jadi jika ada teman-teman punya ilmu lebih alangkah indahnya jika mau berbagi.
Baiklah tanpa memperpanjang mukaddimah langsung saja membagi tahukan cara-cara mengolah datanya sebagai berikut:
Pertama-tama agar tidak membingungkan teman-teman yang membaca, maka perlu saya jelaskan sedikit mengenai data yang akan digunakan. Kali ini saya menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan skala likert. Yang menjadi variabel intervening disini adalah Tekanan Eksternal dalam kaitannya apakah mampu memediasi hubungan Penerapan Good Governance dengan pengelolaan keuangan.
Dalam pengujiannya ini kita menggunakan analysis Path (analisis Jalur). Analisis jalur ini masih bagian regres-regres juga dan yang ingin dilihat masih hubungan kausalitasnya, sama seperti yang sudah ada. Adapun diagramnya dalam postingan kali ini sebagai berikut:
Diagram Hubungan Variabel Intervening

Jadi dari diagram kita bisa lihat bahwa ada tiga aspek Good Governance yaitu Accountability, Transparansi dan Partisipasi Publik. Secara teori terdapat hubungan langsung dengan pengelolaan keuangan. Namun kita juga tahu bahwa terdapat tekanan eksternal yang mampu memediasi hubungan tersebut baik itu dari politik, sosial budaya atau pun regulasi pemerintah.
Nah ceritanya disini dari hasil pengumpulan data telah diperoleh data dari setiap variabel  dan telah diinput dalam SPSS. Supaya penjelasannya tidak bertambah panjang mengenai teknis input data  dan lain sebagainya maka saya sarankan teman-teman membaca postingan saya yang sudah ada, karena cara input data dan interpretasinya sama.
Baca: Mengolah Data Kuesioner dengan IBM SPSS v 20
Seperti yang saya sebutkan tadi caranya masih regres-regres juga, namun dalam hal ini karena hanya ada satu variabel idependen kita regresnya dua kali. Caranya yaitu Klik Menu Analize pilih Regression lalu Linear maka akan muncul kotak dialog seperti ini:
Kotak Dialog Linear-Regressions
Disini kita akan melakukan dua kali regresi, pertama kita akan melihat hubungan langsung antara variabel Good Governance dengan Pengelolaan Keuangan. Jadi masukkan variabel Good Governance kedalam kotak Independent lalu masukkan variabel Pengelolaan Keuangan kedalam variabel Dependen. Penampakannya kira-kira Seperti ini:
Regresi Pertama
Lalu klik OK, nah sampai disini kita sudah berhasil melakukan regresi yang pertama untuk melihat hubungan langsung antara Good Governance terhadap Pengelolaan Keuangan dan juga hubungan variabel Tekanan Eksternal terhadap Pengelolaan Keuangan. Output SPSS yang keluar memang cukup banyak yang tidak pentingnya, seperti model summary dan tabel Anova, tapi dalam hal ini kita cuma perlu tabel Coefficientnya saja yang hasil outputnya terlihat seperti ini:
Hasil Regresi Pertama
Dari tabel Coefficient kita pun masih disuguhkan informasi-informasi penting dan tidak penting, karena yang terkait dengan urusan kita yang mau mengolah variabel intervening cuma nilai Beta di Kolom Standarized Coefficient. Nah disitu seperti teman-teman saksikan sendiri tertera angka 0,482 untuk variabel Good Governance yang artinya Nilai Path (Jalur) antara Good Governance terhadap Pengelolaan Keuangan (secara langsung) adalah 0,482 (P1 = 0,482). Dan nilai Path (jalur) antara variabel Tekanan Eksternal terhadap Pengelolaan Keuangan 0,350 (P3 = 0,350). Adapun Model Regresi yang terbentuk adalah :
Y = 0,369 +0,605 Good Governance +0,344 Tekanan Eksternal + e
Setelah itu lanjut kita ke regresi kedua yang tujuannya untuk melihat besarnya hubungan antara variabel Good Governance terhadap Tekanan Eksternal sebagai variabel Intervening. Caranya sama seperti biasa Klik Menu Analize lalu pilih Regressions kemudian Linear, muncullah kotak keramat yang tadi.
Regresi Kedua
Nah disini variabel di kotak Dependent tetap diganti dengan Variabel Tekanan Eksternal  dan di Kotak Independen masukkan variabel Good Governance. Selanjutnya Klik OK, dan kita sudah selesai melakukan regresi kedua yang outputnya seperti biasa kita cuma perlu tabel Coefficient nya saja yang penampakannya seperti ini:
Hasil Regresi kedua
Dari tabel Coefficient kita dapat saksikan ada angka 0,415 dikolom Betanya Standarized Coefficients nah itu artinya hubungan antara Good Governance terhadap Tekanan Eksternal adalah 0,415 (P2=0,415). Dan model Regresi yang terbentuk adalah:
Y = 1,833 + 0,529 Good Governance + e
Dengan keluarnya output barusan maka selesailah kegiatan regres meregres dalam hal ini, sekarang sampailah kita pada tahap menghitung nilai analisis jalurnya. Namun sebelum itu sebagai gambaran akan saya perlihatkan dulu diagram hubungan antar variabel lengkap dengan nilai Path (jalur)nya seperti ini:
Hasil Aplikasi Output dalam Diagram
Kesimpulan dari hasil regres-regres kita tadi adalah variabel Good Governance berpengaruh langsung terhadap Pengelolaan Keuangan. Namun Variabel tersebut juga dapat mempengaruhi pengelolaan Keuangan secara tidak langsung dengan cara melalui variabel Tekanan Eksternal sebagai variabel Intervening. Besarnya pengaruh tidak langsung tersebut dapat dihitung sebagai berikut:
0,415 x 0,359 = 0,149
Dengan demikian  Coefficient hubungan tidak langsung masih lebih kecil dibanding hubungan langsung. Maka dapat disimpulkan Hubungan antar variabel dalam kasus ini adalah hubungan langsung.
Sekian untuk kali ini, semoga bermanfaat:)