Cara Mengubah File MS. Power Point Menjadi SWF

Bacaan Selanjutnya ...

Seberapa sering anda menggunakan MS.Power Point dalam mempersiapkan materi pembelajaran anda. Bagi Bapak/Ibu Guru yang berada di era teknologi yang semakin modern, penggunaan MS. Power Point sebagai media pembelajaran adalah merupakan sebuah kewajiban.
Pernahkah anda berpikir untuk membuat file persentasi anda yang semulanya merupakan file MS. Power Point untuk diubah menjadi file video dengan format swf.
Pada dasarnya, trik ini saya tujukan untuk Bapak/Ibu Guru Fisika, namun juga sebenarnya dapat digunakan oleh semua guru mata pelajaran.
Tanpa memperpanjang kata, berikut ini uraiannya :
Langkah 1, ini merupakan syarat utama, yakni dikomputer/laptop Anda sudah terinstal program iSppring dan Swiff Player. Jika anda belum memilikinya anda dapat mengunduhnya disini :

iSppring : http://www.ispringsolutions.com/download.html

Swiff Player : http://www.ispringsolutions.com/download.html

Langkah 2, Buka  file  animasi  yang  telah  dibuat  di  powerpoint,  jika  animasi  Anda  ingin dijalankan  secara otomatis  (tanpa  menggunakan  click  atau  enter)  maka  sebaiknya pada  efek  animasinya  (start)  tidak  menggunakan  on  clik    tetapi  lebih  disarankan memakai efek animasi-start : after previous

Langkah 3, Pastikan bahwa slide animasi yang mau diubah sudah sesuai keinginan Anda dengan cara
Jalankan file persentasi anda (slide show atau tekan F5). Bagi yang menggunakan MS. Power Point  versi  2007,  maka  pilih  iSpring  (pada  addres  bar)  lalu  click Publish, perhatikan gambar di bawah ini:
Setelah anda mengklik Publish pada address bar maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut :
Perhatikan Pada  kotak dialog  :  (1) presentation  title =  silahkan  ganti  nama slide  1 menjadi  (sesuai nama  file  Anda  inginkan),  (2) slide  range =  klik selected  slide (1  slide)  slide  aktif  akan dipublish, (3) options = tidak usah beri tanda conteng (menu option dapat digunakan jika anda ingin memodifikasi slide presentasi anda). Perhatikan gambar di bawah ini :


Langkah 4, Tunggu  beberapa  saat,  maka  file  Anda  sudah  jadi  Flash  dan  secara  otomatis  akan dimainkan  di Movie  Flash,  jika  file  Anda  berlogo winamp atau  semacamnya  maka  klik  kanan lalu click Open With – Swiff Player. 

Langkah 5, Kalau file flash movienya sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan file  flash movie ke dalam desain presentasi Anda dengan cara  Anda sudah di halaman kerja powerpoint  klik  iSpring  pada  address  bar  dan  klik  Insert Flash  (lihat  gambar pada langkah 3), temukan file flash Anda dan open, 

Langkah 6, Kembali ke  halaman  powerpoint,  file  flash  sudah  masuk,  tetapi  ukuran  flashnya  memenuhi halaman kerja powerpoint, silahkan ubah ukuran dengan  klik kanan dan pilih Format Control (ubah ukuran dan posisinya) lalu ok, silahkan jalankan (F5)
Demikianlah pembahasan, semoga posting ini dapat membantu para pembaca sekalian, terkhususnya pembaca yang berprofesi sebagai Guru sehingga dapat menghasilkan persentasi yang menarik agar dapat menyenangkan siswa ketika melakukan proses belajar mengajar.

Semoga bermanfaat…
Tags