Cara Menentukan Nilai Tabel t Dengan Excel

Bacaan Selanjutnya ...
Pada posting sebelumnya saya sudah menginformasikan tentang cara melihat tabel f dengan excel. Pada kesempatan ini, sekali lagi saya mencoba membagikan trik baru yakni bagaimana kita menentukan nilai pada tabel t dengan MS. Excel.
Penggunaan nilai t tabel pada umumnya digunakan oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhirnya (skripsi) yang lebih dikenal dengan Uji T.
Uji T dilakukan untuk menguji tingkat signifikansi variabel distribusi (X3) terhadap  keputusan membeli Kartu GSM As bagi komunitas mahaiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (Y)  dengan kaidah keputusan statistik :Jika thitung> ttabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima atau hipotesa nol (Ho) ditolak sebaliknya Jika thitung ≤ ttabel, maka hipotesa alternatif (Ha) ditolak atau hipotesa nol (Ho) diterima.
Dalam melakukan Uji T ini, sebagian besar orang masih mengalami kesulitan dalam menentukan nilai T Tabel ketika sampel dari pengujian hipótesis yang digunakan berjumlah besar, misalnya 150, 200, 300, 400 dan seterusnya.
Untuk mengatasi masalah ini ada dapat memanfaat MS. Excel untuk menentukan nilai T Tabel.
Untuk memudahkan pemahaman anda, maka kita akan menggunakan satu contoh penelitian, misalnya judul penelitian anda adalah : Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di  SMA XXXXX
Adapun variabel-variabel dalam penelitian ini yakni :
Lingkungan Keluarga (X1), Lingkungan Sekolah (X2), Lingkungan Masyarakat (X3) dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Y) dengan jumlah sampel sebesar 150 siswa. Selanjutnya anda menggunakan tingkat signifikansi (α) = 5%=0.05
Langkah 1 : Menentukan derajat bebas (df/degreeof freedom) melalui rumus :
df = n – k
dimana
n = banyaknya sampel/observasi
k =jumlah variabel yang diteliti (variabel bebas + variabel terikat)
sehingga dalam penelitian ini n = 150 dan k = 4 (3 + 1)
jadi df = 150 – 4 =146
Langkah 2 : ketikan di MS. Excel dengan formula
=TINV(probability,degree of freedom)
Atau lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
cara-melihat-tabel-t-dengan-excel


Mudahkan…
Demikianlah informasi mengenai cara melihat nilai Tabel T dengan MS. Excel…
Semoga bermanfaat.
Tags