Cara Mudah Memperkecil (Kompres) Foto Secara Online

Bacaan Selanjutnya ...
Mengapa kita perlu mengkompres foto (memperkecil ukuran foto)?
Ukuran foto asli dari sebuah kamera digital pada umumnya berkisar 2 MB sedangkan pada kamera digital dengan resolusi tinggi pada umumnya paling kecil berukuran 3 MB – 5 MB. Nah ukuran foto seperti ini perlu dikompres atau diperkecil apabila anda ingin mengupload file tersebut. Hal ini ini disebabkan karena :
1.    Ada situs jejaring social tertentu yang membatasi kapasitas ukuran foto yang akan diupload
2.    Bagi anda yang pernah mengisi formulir lamaran secara online, disitu juga biasanya anda diminta untuk mengkompres atau memperkecil ukuran foto
3.  Bagi anda yang memiliki blog/website, ketika anda ingin memposting tentang sesuatu hal yang menggunakan foto, sebaiknya anda memperkecil ukuran foto, karena ukuran foto juga mempengaruhi kecepatan loading blog/website. Semakin besar ukuran foto anda, maka akan semakin lambat loading blog/website anda. Kondisi ini tentunya akan menyulitkan para pembaca/pengunjung yang membaca artikel postingan anda.
Ada langkah mudah mengkompres foto (memperkecil ukuran foto) secara online. Berikut ini langkah-langkahnya :
1.  Pergi ke halaman Tinyjpg.com maka anda akan masuk ke halaman sebagai berikut, klik    tanda untuk mengupload foto anda (perhatikan gambar): 
Cara Mudah Memperkecil (Kompres) Foto

2. Selanjutnya, anda tinggal memilih foto yang ingin anda kompres/perkecil setelah itu klik open. Ingat, bahwa situs ini hanya mampu mengupload dan mengkompres 20 file  foto yang masing-masing foto kapasitasnya 5 MB (perhatikan gambar). Tunggu beberapa menit selama proses upload dan kompres foto sedang berlangsung. 
Cara Mudah Memperkecil (Kompres) Foto

3. Setelah proses upload dan kompres selesai, muncul menu download, Anda tinggal mengklik download untuk menyimpan foto yang telah dikompres (perhatikan gambar) 
Cara Mudah Memperkecil (Kompres) Foto


Sekarang anda sudah dapat menggunakan foto tersebut, seandainya hasil kompresan foto belum menghasilkan ukuran yang dibutuhkan, anda dapat melakukannya sekali lagi dengan mengulangi langkah 1 - langkah 3.

Mudahkan...!!! semoga bermanfaat...
Tags