Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

Bacaan Selanjutnya ...

Pernahkah anda menemukan sebuah link (url) dan kemudian ketika anda mengkliknya anda akan menemukan pesan salah satu pesan berikut ini: Server not found, The requested URL [URL] was not found on this server, HTTP 404, Error 404 Not Found, 404 File or Directory Not Found, HTTP 404 Not Found atau 404 Page Not Found seperti gambar berikut ini : 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

Link (url) yang seperti inilah yang disebut dengan broken link. Pada umumnya, ketika ketika anda menghadapi kondisi tersebut dan membaca pesan tersebut, anda dapat memahami bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh anda sendiri yaitu mungkin saja karena kesalahan penulisan url, koneksi internet yang stabil atau situs yang kita tuju diblokir.
Cara Mendeteksi Broken Link Pada BlogBroken link adalah sebuah link tersedia pada sebuah blog/website yang ketika diklik akan menampilkan pesan Server not found/The requested URL [URL] was not found on this server/HTTP 404/Error 404 Not Found, 404 File or Directory Not Found/HTTP 404 Not Found atau 404 Page Not Found.
Hal ini umumnya terjadi pada blog/website yang menyediakan link-link untuk download. Ketika link tersebut dihapus/dipindahkan maka link tersebut akan menjadi broken link (link rusak) sehingga menyebabkan kesulitan bagi pengunjung blog/website anda.
Adapun penyebab lainnya dari broken link adalah kesalahan penulisan link (url).
MENGAPA KITA HARUS MENDETEKSI BROKEN LINK BLOG/WEBSITE KITA?
1. Adanya konten yang broken link akan mempengaruhi page rank blog/website anda, karrena ketika blog/website anda terdapat broken link maka mengakibatkan blog/website anda sulit untuk terindeks mesin pencari Google.
2. Adanya konten yang broken link pada blog/website anda akan menimbulkan penilaian negatif dari pengunjung blog/website anda sehingga bisa saja mereka enggan lagi dating untuk berkunjung.
BAGAIMANA CARA MENGECEK BROKEN LINK PADA BLOG/WEBSITE?
Ada berbagai situs yang memberikan layanan pengecekan broken link online secara gratis seperti :
1.    Online Broken Link Checker (http://brokenlinkcheck.com/)
2.   Iwebtool (http://www.iwebtool.com/broken_link_checker)
3.Screaming Frog (http://www.screamingfrog.co.uk/broken-link-checker/)
4. Small Seo Tools (http://smallseotools.com/websites-broken-link-checker/)

Namun pada kesempatan ini saya akan menyajikan langkah untuk Mendeteksi Broken Link Pada Blog dengan Online Broken Link Checker.
Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk Mendeteksi Broken Link Pada Blog dengan Online Broken Link Checker :
1.Kunjungi halaman Online Broken Link Checker pada http://brokenlinkcheck.com/
2.   Perhatikan pada sudut kanan, ada sebuah kotak dialog, masukan alamat blog anda pada kotak yang tersedia, setelah itu klik find broken links 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

3.   Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman berikut, lengkapi form yang ada.
Untuk pemilihan jenis layanan pengecekan broken link, disitu tersedia dua jenis layanan yakni :
Report distinct broken links only : artinya Online Broken Link Checker hanya akan mendeteksi sebagian kecil saja dari link yang rusak pada blog anda
Report all occurrences of each dead link (may be slower) :artinya Online Broken Link Checker akan mendeteksi seluruh link yang tidak aktif. Namun layanan ini membutuhkan waktu yang lama
Setelah memilih jenis layanan pengecekan broken link yang anda inginkan,
Selanjutnya klik Find broken links now. 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

4.   Tunggu proses pengecekan broken link beberapa menit, lama atau tidaknya tergantung banyaknya jumlah web pages atau halaman blog anda, seandainya blog anda telah menccapai >100 postingan maka tentunya ini akan memakan waktu yang lama. 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

5.   Setelah selesai proses pengecekan, maka  Online Broken Link Checker akan menginformasikan kepada anda  jumlah link yang tidak aktif/rusak, sehingga anda harus segera memperbaikinya.
Jika hasilnya sama seperti gambar berikut ini, itu artinya blog anda tidak memiliki broken link 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog


Namun, apabila hasilnya seperti gambar berikut ini, artinya anda harus segera memperbaiki/menghapus link tersebut. 
Cara Mendeteksi Broken Link Pada Blog

Klik src pada kolom Page where found untuk mengetahui lokasi link yang rusak dalam HTML.
Mudahkan… segera deteksi broken link pada blog/website anda

Semoga bermanfaat . . .
Tags