Cara Melakukan Uji Beda Rata-Rata (Independent Sample t-test) Dengan IBM SPSS v 21

Bacaan Selanjutnya ...
Teori uji beda rata-rata itu sebuah teori dalam statistik yang dipake untuk nguji apakah suatu nilai tertentu (yang diberikan sebagai pembanding) berbeda secara nyata ataukah tidak dengan rata-rata sebuah sampel (Santoso, 2004).
Uji beda rata-rata itu baru bisa jika data yang digunakan tipenya kuantitatif artinya data yang diolah hanya berbentuk angka. Uji beda tu ada pembagian-pembagiannya lagi:
  1. Uji T untuk menguji rata-rata pada satu kelompok sampel disebut one sampel T Test. nah pengujian ini dilakukan antara lain untuk menguji homogenitas data, dan dapat juga digunakan untuk mengetahui signifikasi perbedaan rata-rata suatu kelompok sampel dengan nilai pembanding yang ditetapkan. 
  2. Uji T untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua sampel yang saling bebas atau Independent Sample T-Test. Melalui pengujian ini, dapat diketahui signifikansi perbedaan rata-rata dua kelompok sampel yang saling tidak berhubungan.
  3. Uji T mengetahui perbedaan rata-rata dua sampel yang berhubungan atau berpasangan (Paired Sample T-Test). Melalui pengujian ini dapat diketahui signifikansi perbedaan rata-rata dua kelompok sampel yang saling berhubungan.
Baca: Cara Melakukan Uji Beda Rata-Rata Paired Sampel T Test
Setelah tau uji beda tu apa, maka dalam postingan kali ini saya ingin berbagi cara mengolah data dengan metode t tes melalui SPSS yaitu independent sampel t-test. Untuk bisa melakukan Uji T-Test yang satu ini ada syaratnya ternyata, yaitu datanya harus normal atau (ingat "atau" bukan "dan") datanya homogen.

Cara mengolah data independent sample t-test, Pertama-tama seting variabel karenan data harus sesuai dengan apa yang mau kita teliti, jadi kbetulan yang mau diteliti disini adalah perbedaan persepsi dari dua kelompok sampel katakanlah laki-laki dan perempuan.. jadi pertama seting variabelnya gini:
Setting Variabel
Dari screen shot diatas tu ada 13 pernyataan yang mau kita ukur persebsi'a,,jadi seting variabel tu sama aja kayak seting variabel yang laen ketik nama variabel, tentukan typenya, labelnya n pengukurannya.
karena ntar kita ukur persepsinya berdasarkan jenis kelamin dan yang dianalisis mahasiswa, kawan pasti liat kan ada yang dikolomin ma kolom elips di variabel jenis kelamin,,nah disitu variabelnya di insert value label biar gampang kita olahnya klo gak tau cara seting value label laki-laki n perempuan bisa liat diposting saya yang ini.
Baca: Cara Membuat Value Label
Nah setelah semua diseting dengan baik dan benar maka udah bisa kita input data,,screenshot bisa dilihat dibawah ini:
Data Penelitian
nah, diatas itu,,ada variabel angkatan tu isinya angkatan responden apa dia 2008,2009 atau 2010, troz ada variabel jenis kelamin ,isinya apa dia laki-laki apa perempuan dan disini tidak menampung yang jenis kelaminya banci atau jadi-jadian karena variabelnya udh diseting tadi. troz nah yang ini penting ne,,data-data jawaban kuesioner masukkan semua.
Setelah itu langkah selanjutnya,,yang nama kuesioner kan kita uji valid ma reliabelnya dulu,
Baca: Cara Melakukan Uji Kualitas Data (Validitas dan Reliabilitas) dengan SPSS
Nah selanjutnya,, karena udah valid n reliabel maka udh bisa kita lakukan uji beda cara gini:
kita samakan persepsi dulu,,bahwa dalam data kali mengukur persepsi mahasiswa dalam manajemen laba, missstatement, Disclosure, Cost and Benefit dan Responsibility jadi untuk yang pertama kita uji dulu yang management earning'a atau manajemen laba langkah gini klik ANALIZE lalu COMPARE MEANS pilih INDEPENDENT SAMPLE T-TEST seperti screenshot dibawah ini:
Langkah 1
Klik Independent sample t-test tersebut lalu akan muncul kotak dialog seperti ini:
Langkah 2
nah kan, kotak paling kanan itu isinya variabel yang mw kita uji,,kotak tes variabel(s) tu isinya ntr variabel yang kita pilih untuk kita uji (beda kan) tros dibawah nya ada kotak groupinng variable tu tujuannya untuk memilah kelompok sampel agar muncul hasil perbedaannya. dan jgan lupa klik option klo gak levene test'a gk kluar. Adapun langkah untuk menguji beda persepsi mahasiswa antara laki-laki dan perempuan dalam aspek manajemen laba gini:
masukkan variabel manajemen laba dalam kotak test variabel dngan cara klik variabel manajemen laba lalu klik tanda panah disamping kolom test variables,,lalu digrouping variables isi dengan variabel jenis kelamin caranya sama kayak tadi klik tanda panah disamping kotak grouping variable dan hasil seperti ini:
Langkah 3
screen shot diatas terlihat digrouping variabel masi blom dibuat group variabelnya terlihat dari variabel jenis kelamin masih ada tanda tanya dua ekor (? ?) langkah selanjutnya klik define groups akan muncul kotak dialog define group berikut:
Langkah 4
di define group ini group 1 isi dengan angka 1 dan Group 2 isi dengan angka dua,,kenapa karena tadi diawal kita udah seting variabelnya laki-laki itu dengan angka satu dan perempuan dengan angka 2,,seperti dibawah ini:
Langkah 5
lalu Continue. setelah itu klik Option dan pastikan convidence interval percentage 'a itu sebesar 95% dan mising: exclude cases analisys by analisys lalu continue juga:
Langkah 6
setelah kita akan kembali pada kotak dialog independent sample t-test
Langkah 7
dan langkah terakhir untuk meguji persepsi mahasiswa dalam aspek manajemen laba adalak klik OK dan hasilnya adalah sebagai berikut:
Output 1
Screenshot diatas cara baca gini: pertama kawan2 pasti liat di dataset ada yang sya tutup pake banner hitam itu buat jaga privasi orang aja..(rahasia soalnya) troz yang saya kolom pake kotak hijau daun muda itulah yang dijadikan pedoman untuk melihat ada beda gk persepsinya, klo sama berarti gak ada beda. yang saya kolom pake kotak orange itu signifikansi levene test,, nah itu adalah tolak ukur beda gk'a suatu persepsi berdasarkan statistik. nahh,,yang biru itu (itu biru bukan sich) tu mean difference,,madsudnya perbedaan meannya berapa, karena disini kebetulan sama jadi bedanya yang jels 0,0000. kesimpulannya gk da perbedaan antara laki-laki n perempuan dalm mempersepsikan manajemen laba dikalangan mahasiswa akuntansi, sama-sama berpikir itu gk boleh dilakukan.

Selanjutnya gimana sama aspek-aspek yang lain kex missstatement, Disclosure, Cost and Benefit dan Responsibility kan blom diuji?,,itu saya yakin kalian sudah paham caranya, jadi saya kasih tau singkat-singkat aja y..
1. Misstatement
Langkah 8
Cari troz yang mana aja variabel mistatement'a kan ada 4 tu, masukkan ke tes variabel, yang laen gk usah diatur lagi, udh diatur tadi..langsung klik OK hasilnya:
Output 2
2. Disclosure
Langkah 9

Output 3
3. Cost and Benefit
Langkah 10
Output 4
4. Responsibility
Langkah 11
Output 5
nahh,,tadi sekilas aja..karna udh ngertikan..tu cara baca'a sama aja..klo ada yang bingung kenapa manjemen laba butirnya satu sedang yang lain ada yang 2, 3 dan 4 butir,,tu tergantung indikator yang dibuat..
Baca Juga: Cara Melakukan Uji Beda Rata-Rata Paired Sampel T Test
Oklah,,sekian, semoga bermanfaat.
Tags