Cara Mengatur Privasi Anda di Facebook

Bacaan Selanjutnya ...
Cara Mengatur Privasi Anda di Facebook
Berkembangnya penggunaan social media baik terutama facebook saat ini memang memiliki dampak yang psotif, namun disi lain apabila tidak diperhatikan secara seksama maka akan dapat memberikan dampak negative. Salah satu dampak negative yang sering dialami oleh pengguna facebook adalah, bocornya data-data pribadi, seperti nomor ponsel maupun foto-foto. Nah, Facebookers yang budiman, berikut ini adalah cara mengatur privasi akun facebook anda, silakan dicermati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

PERTAMA, Hati-hati dengan aplikasi pihak ketiga. Klik "Setting" kemudian "Application Settings," daftar semua aplikasi Facebook akan tampil. Contreng aplikasi yang Anda ingin hapus dengan meng-klik "x" pada samping judulnya.

KEDUA, Pergi ke daftar teman Anda. Tidak ada salahnya sekali-sekali memeriksa daftar teman-teman Anda. Dengan begitu Anda dapat memilih-milih siapa saja yang dapat melihat foto-foto Anda dan status yang Anda posting.

KETIGA, Buat kelompok teman. Kelompokan teman Anda seperti teman kantor, teman kuliah, dan keluarga. Caranya dengan meng-klik kotak "friend" yang terletak diatas lalu klik submenu "Create New List."

KEEMPAT, Menyesuaikan status yang Anda posting. Perbaharui status Anda dengan mengetik "saya lapar" kemudian klik ikon kunci kecil. Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status Anda sesuai keinginan dengan memilih menu yang ditawarkan, kemudian klik "Save Setting."

KELIMA, Biarkan teman-teman Anda tahu bahwa Anda memiliki batasan-batasan secara pribadi. Ubahlah pengaturan privasi foto Anda di Facebook untuk menghindari postingan foto-foto liar dari orang lain atau untuk menghindari orang-orang mengambil foto Anda.

KEENAM, Beberapa informasi Anda dapat dilihat oleh semua orang. Semua orang dapat melihat nama, foto profil, dan semua informasi tentang Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal ini, Anda dapat mengedit profil Anda dengan tidak mencontreng "Show my sex in my profile", dengan begitu Anda tidak akan terdaftar.

KETUJUH, Daftar teman-teman Anda mungkin dapat terlihat oleh semua orang. Pendukung privasi khawatir orang-orang yang jahil bisa mengambil salah seorang dari daftar teman Anda bahkan digunakan untuk orientasi seksual. Untuk menghindari hal itu Anda harus ke halaman profil dan klik pada ikon pensil biru kecil di kanan atas kotak teman Anda. Hapus centang "Show Friend List to everyone", sehingga bisa melihat hanya orang yang sudah berteman dengan Anda.

KEDELAPAN, Anda dapat menyembunyikan diri Anda dari pencarian Web. Ada kotak "Search" di bawah halaman pengaturan privasi Facebookyang dapat diakses dari sudut kanan dari website submenu pengaturan. Jika Anda mencentang kotak "allow" di samping tulisan "Public Search Results." Maka nama Anda dapat dicari oleh orang-orang melalui situs pencari Google, tetapi profil Anda tidak dapat dibuka. Sebaliknya, jika Anda ingin menyembunyikannya maka jangan centang kotak "allow".

Sudahkah anda melakukan hal-hal di atas, jika belum, segera lakukan,… semoga bermanfaat…
Tags