KISI-KISI TES CPNS 2015

Bacaan Selanjutnya ...
KISI-KISI TES CPNS 2014
Salam CPNS 2015
Saya yakin bahwa sebagian besar Bapak/Ibu sudah melakukan pendaftaran CPNS 2015,  oleh karena itu mari kita mempersiapkan diri, seperti pesan saya pada setiap postingan tentang CPNS 2015 bahwa Naik Tanpa Persiapan Turun Tanpa Penghormatan.
1.     Materi Seleksi CPNS :   
     a.    Tes Kompetensi Dasar PNS (TKD);   
     b.    Tes Kompetensi Bidang (TKB) sesuai bidang tugas                  masing-masing jabatan:
          1)    Tenaga honorer sebagai tenaga kesehatan dengan tes bidang kesehatan;
          2)   Tenaga honorer sebagai tenaga pendidik (Guru) dengan tes bidang kependidikan;
          3)   Tenaga honorer sebagai tenaga teknis dan administrasi dengan tes bidang                             administrasi umum                      
c.    Untuk pelamar umum, instansi dapat melakukan tes kompetensi bidang dalam arti tes kompetensi bidang tidak wajib diadakan sehingga dapat melakukan TKD saja atau TKD dan TKB, sesuai kebutuhan jabatan.
2.    Kisi-kisi Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS meliputi :   
a.  Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
1)    Pancasila
2)   Undang Undang Dasar 1945
3)   Bhineka Tunggal Ika
4)   Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar)
b.  Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai :       
1)    Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,
2)   Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
3)   Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis,
4)   Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
c.   Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:       
1)    Integritas diri,
2)   Semangat berprestasi,
3)   Kreativitas dan inovasi,
4)   Orientasi pada pelayanan,
5)   Orientasi kepada orang lain,
6)   Kemampuan beradaptasi,
7)   Kemampuan mengendalikan diri,
8)   Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,       
9)   Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,     
10) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan     
11)  Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
3.    Tipe Soal Tes Kompetensi Dasar
a.    Tipe soal untuk jenjang pendidikan SD, SLTP
b.    Tipe soal untuk jenjang pendidikan SLTA, DI, DII, DIII/Sarjana Muda
c.    Tipe soal untuk jenjang pendidikan S1, S2, S3
4.  Penetapan Penilaian TKD
Penilaian TKD dengan nilai ambang batas tertentu (passing grade) dari masing-masing sub tes (TWK, TIU dan TKP) ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional
5.  Kisi-Kisi Soal CPNS 2014
Materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal.
Berikut kisi-kisi soal tes kompetensi dasar dalam ujian CPNS 2014 :

  • Kelompok soal pertama adalah menguji wawasan kebangsaan para pelamar, mengenai 4 pilar kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI
  • Kelompok soal kedua adalah karakteristk pribadi, yang berisi soal-soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik masing-masing pelamar. Ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya. 
  • Kelompok soal ketiga adalah soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.
    Dijelaskan bahwa dari ketiga tes diatas ini diterapkan ambang batas (passing grade) kelulusan. Artinya bukan sekadar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan, tetapi hasil tes dimaksud juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum.
    Oleh karena itu meskipun nilai totalnya tinggi, kalau nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, maka anda tetap saja dinyatakan tidak lulus.

    6.     Empat Pilar Kebangsaan
          Apa saja Empat Pilar Kebangsaan Indonesia?
         Pertanyaan seperti ini tentunya akan sangat mudah untuk dijawab, namun apa yang terjadi apabila anda ditanya secara mendetail tentang Empat Pilar Kebangsaan Indonesia????
    Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang  harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi  panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur,  sejahtera, dan bermartabat.
    Penyebutan Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tidaklah dimaksudkan bahwa keempat pilar tersebut memiliki kedudukan yang sederajat. Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda. Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara.
    Agar Bapak/Ibu dapat lebih memperdalam tentang Empat Pilar Kebangsaan, maka berikut ini filenya yang dapat diunduh secara gratis:

    Informasi yang saya sampaikan dalam postingan ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber informasi terpercaya. Jika Bagi Bapak/Ibu pelamar yang ingin mendapatkan kepastian informasi, dapat berkunjung langsung pada link yang saya cantumkan dalam sumber postingan ini.


    Tetapi yang paling penting adalah, 


    PERSIAPKAN DIRI ANDA DENGAN MATANG AGAR SUKSES CPNS 2014


    INGATLAH 


    "NAIK TANPA PERSIAPAN TURUN TANPA PENGHORMATAN"




    Sumber :

    • Detik.com : Tak Hafal 4 Pilar Kebangsaan, Jangan Harap Lulus Tes CPNS (http://finance.detik.com/read/2014/07/19/114836/2641934/4/tak-hafal-4-pilar-kebangsaan-jangan-harap-lulus-tes-cpns)
    Tags